Ada Sejumlah Hal Unik Dari Suku Matmana

Ada Sejumlah Hal Unik Dari Suku Matmana – Sudah tidak rahasia apabila Tunisia kerapkali dilukiskan jadi suatu negara di benua Afrika yg persis dengan padang pasir. Tapi bertandang ke sisi selatan, ada suatu tempat bernama Matmana yg amat unik.

Tempat ini dahulunya ditempati oleh sekelompok orang berber Afrika Utara, mereka bertahan hidup dengan jadikan gua jadi tempat tinggalnya. Golongan ini selanjutnya dikatakan sebagai suku Matmata.

Ada sejumlah hal unik dari Suku Matmana, antara lainnya yaitu mereka bangun rumah melalui cara menggali tanah.

Meskipun digali gunakan alat simple, fondasinya amat kukuh serta bisa bertahan sampai beberapa ratus tahun.

PILIHAN REDAKSI
Takjub Kekhasan Alam Latin di Bolivia
Gurun Wahiba, Permukiman Badui Arab di Oman
Lihat Kekayaan Oman di Nizwa serta Dhofar
Tapi janganlah kira sepele rumah ini sebab sedikitnya tiap-tiap rumah mempunyai enam area di satu galian besar ini.

Dimulai dari kamar tidur,area keluarga, dapur, serta gudang. Lubang besar ditengah-tengah jadikan halaman, sesaat sisi bagian guanya jadikan area yg sama-sama tersambung.

Rumah gua ini dapat turunkan suhu panas, serta bikin hawa dalam area makin lebih sejuk. Apabila di luar sedang panas jadi suhu di rumah goa bakal berasa sejuk, begitu juga sebaliknya.

Ramadan di Tunisia Bersama dengan Suku Matmata Rumah suku Matmata.

Buat kepentingan air bersih, Suku Matmata cuma memercayakan air hujan saja. Air hujan itu bakal disasarkan masuk ke sumur, tapi awalnya disaring dengan filter simple.

Apabila pingin mengambilnya buat dikonsumsi umumnya suku Matmata bakal gunakan kain, supaya tdk ada kotoran yg turut terbawa.
Tidak hanya rumah, Suku Matmata pula punyai kemeja yg unik bahannya katun.

Kemeja ini terbagi dalam pakaian dalaman lengan panjang, serta kain bermotif buat luarannya. Pakaian ini buat perlindungan mereka dari cuaca ekstrim di Matmata

Gak berhenti hingga di sini, suku Matmata pula mempunyai makanan ciri khas yakni roti tabuna gandum ciri khas Matmata. Semua berbahan bersumber dari pekarangan mereka sendiri.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.