Penumpang Pesawat Kedapatan Sembunyikan 2,6 Kg Sabu di Vacuum Cleaner

Penumpang Pesawat Kedapatan Sembunyikan 2,6 Kg Sabu di Vacuum Cleaner  – Seseorang penumpang pesawat Air Asia QZ 321 ditangkap aparat pengamanan Bandara Internasional Juanda Surabaya. Penumpang itu ditangkap karena membawa sabu.

Penumpang itu didapati bernama Osmanhas (47). Dia adalah masyarakat Dusun Lon Kebun, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura.

Dia terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Surabaya dengan membawa sabu seberat 2,6 kg. Penangkapan dikerjakan oleh team kombinasi. Dari mulai KPPBC Type Madya Pabean Juanda, Kanwil DJBC Jawa timur II, BPIB Surabaya, BNNP Jawa timur, Imigrasi serta Pengamanan Lanudal Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Osmanhas datang di Juanda Surabaya pada Senin (25/3) seputar jam 11.00 WIB. Dia membawa dua kardus yang berisi vacuum cleaner. Waktu dicheck memakai X-Ray, petugas Customs Narcotics Tim temukan bungkusan putih di dua kardus itu.

“Sesudah dikerjakan kontrol dengan detil lewat laboratorium benda itu adalah methamphetamine atau sabu,” kata Kepala Bea serta Cukai Bandara Juanda Budi Harjanto, Rabu (27/3/2019).

Menurut Budi, modus yang dikerjakan aktor sama dengan yang seringkali dikerjakan kurir narkoba biasanya. “Aktor adalah kurir, menurut pengakuannya sabu akan dibawa ke lokasi Madura. Sesudah sukses kirim aktor akan memperoleh imbalan sebesar Rp 1,5 juta,” tutur Budi.

Selanjutnya Budi menerangkan, pihaknya diprediksikan sudah selamatkan sekitar 5.250 generasi muda. Dengan anggapan perhitungan 1 gr sabu dikonsumsi dua orang.

“Aktor akan dijaring dengan Masalah 113 ayat (1) serta (2) UU RI No 35 mengenai Narkotika dengan intimidasi 20 tahun penjara, atau hukuman seumur hidup,” ujarnya.

Comments are closed.