Saham PT Freeport Indonesia Sebesar 51% Resmi Jadi Milik Indonesia – Sebesar 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) sah jadi punya Indonesia lewat PT Inalum (Persero). Proses negosiasi panjang sudah tuntas sesudah uang pembelian telah ditransaksikan.

CEO Freeport McMoran Richard Adkerson bersukur atas tercapainya persetujuan ini. Dia mengutarakan negosiasi yang panjang serta kompleks pada akhirnya tuntas.

“Saya ingin mengatakan terima kasih pada pak Gatot (Dirjen Minerba), pegawai Kementerian ESDM serta pemerintah. Keadaan yang begitu kompleks, negosiasi yang berjalan lama pada akhirnya tuntas,” kata Adkerson di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).
Terdapatnya transaksi ini pula menggambarkan keseriusan Indonesia lewat Inalum mempunyai 51% saham Freeport Indonesia. “Inalum mempunyai 51% saham PT Freeport Indonesia,” tutur Adkerson.

Dia ikut memiliki komitmen bangun sarana pemurnian mineral atau smelter serta tuntas dalam lima tahun ke depan. Pembangunan smelter dikerjakan supaya bisa lakukan export.

“Prinsip bangun smelter akan tuntas dalam lima tahun,” kata Adkerson.

Diluar itu, karenanya ada IUPK jadi waktu operasi Freeport Indonesia ikut lebih jelas. Berpartner dengan Inalum ikut dipercaya bisa menjadi lebih baik.

“Bersama dengan Inalum bisa menjadi begitu baik,” tutur Adkerson.

“Keuntungan yang terbesar ialah buat Indonesia terutamanya Papua, kestabilan operasi sebab terkait dengan tenaga kerja,” lebih Adkerson